Wednesday, November 15, 2017

6 Band folk Indonesia yang wajib kamu tau


6 BAND FOLK YANG BISA LO AJAK NGOPI DAN NYORE


            Suka ngopi ? atau suka musik ? atau keduanya ? kalo lo suka keduanya lo harus nyobain ngopi sambil dengerin lagu dari 6 band folk keren ini, karena ngopi itu sakral dan lo harus menemukan seluruh rasa tiap teguknya~. Ini dia daftar band yang sering gue dengerin lagunya tiap gue nyore sambil ditemani bercangkir cangkir kopi arabika tubruk dan beberapa teman yang bernasib sama untuk sekedar bergurau atau curhat soal mantan hahaha

NOSSTRESS




            Band yang beranggotakan tiga orang ini berasal dari Pulau Bali. Man Angga (Gitar/Vokal), Kupit (Gitar/Vokal) dan Cok Bagus (Kajon/Harmonika/Pianika) Meskipun sebelumnya beberapa kali berganti personil,  namun pada oktober 2011 akhirnya nosstress resmi merilis album yang bertajuk “Perspektif Bodoh” yang dilauching di Serambi Art Antida (kini Antida Sound Garden), Denpasar. Lagu yang sering gue dengerin diantaranya “Pegang tanganku, Tahun baru lagi” lo harus coba dengerin lagu mereka.


SILAMPUKAU




            Nah ini dia band yang bisa juga disebut band endemik Surabaya, karena hampir sebagian besar lagu mereka selalu bercerita tentang ibukota jawa timur itu dari kota sampai sudut kota Surabaya. Mereka berusaha menggambarkan wujud Kota Pahlawan secara apa adanya. Hiruk pikuk jalanan, lokalisasi Dolly (Sang Pelanggan), kemacetan Jalan Ahmad Yani (Malam Jatuh di Surabaya). Band folk yang beranggotakan Kharis Junandharu dan Eki Tresnowening ini terbentuk mulai tahun 2009. Dan sebaiknya lo harus dengerin album “Dosa Doa & Kenangan” secara utuh biar lo bisa tau cerita cerita yang mereka gambarkan lewat lagu dan tentu saja agar ngopi lo menjadi lebih kritis.


STARS AND RABBIT






Band folk yang terbentuk di jogjakarta tahun 2011 ini menurut gue yang paling unik. Kolaborasi antara Elda dan Adi diawali dari hobi bermusik mereka yang saling bahu membahu membantu satu sama lain dalam setiap pembuatan lagu dan pertunjukkan musik. Alunan musik dari Adi Widodo pada gitar, ditambah dengan karakter vokal Elda Suryani yang kuat dan unik, membuat single Stars and Rabbit mendapatkan respon positif dari penikmat musik. Selain itu aksi panggung Elda yang terasa sekali menguasai panggung dengan seluruh imajinasinya seakan akan hilang kendali dan terlihat nyanyi sambil berteater. Kostum yang digunakan pun sealu mengundang tanya apa yang sebenarnya mereka tampilkan, sambil mengerenyitkan dahi dan mulai terpukau. Dengan salah satu lagu indah yang ditulis oleh Elda sendiri sebagai vokalis serta bantuan Adi sebagai gitarisnya, "Like it Here" benar- benar membuat pendengar menyukai nuansa di dalam lagu ini. Dan lo juga harus nonton video manggung mereka saat di Live at Societet Militair dan lo bakal tau kegilaan Stars and rabbit.

 
BANDA NEIRA





            Ini adalah duo tervaforit gue yang menurut gue enak banget lagunya kalo didengerin sambil ngopi ribet mau dirumah atau dikedai kopi, tapi sayang harus kecewa mereka bubar setelah album “Yang patah tumbuh yang hilang berganti” sukses meraih hati para pemuda yang suka menikmati musik yang lahir bukan di ranah televisi. Duo Ananda badudu dan Rara Sekar ini terbentuk 2012 dan resmi bubar akhir 2016 . meskipun begitu tidak bisa dipungkiri sendulagunya tetap terkenang.


ENDAH N RESHA



            Bermusik dan berumah tangga mungkin itu gambaran yang bisa kita lihat saat tau tentang  Endah Widiastuti (vokal dan gitar) dan Rhesa Aditya (bass) yap, suami istri yang tergabung dalam Endah N Resha ini adalah pasangan musisi yang menyajikan lagu lagu ceria dan enerjik untuk kita dengarkan dari “When you love someone” yang memberi tahu kita bagaimana saat kita suka dengan seseorang  serta lagu “mimpi tak kan berlari” yang mengajarkan kita untuk tetap mengejar impian walaupun cita cita kita setinggi langi ataupun tanah. So mungkin anaknya pasti bangga punya orangtua kaya mereka.


PAGI TADI




            Lirik-lirik dalam album PAGI TADI adalah cuplikan beberapa puisi di dalam buku puisi ketiga vokalis PAGI TADI yang bertajuk GERIMIS . band yang berasal dari kota Malang,Jawa Timur ini beranggotakan 3 orang. Yaitu Yulius Nugroho Putra (vocal) , Paulus putra Setyawan (gitar), Fransiscus Asisi (bass).

1 comment: